Cara Optimasi Kata Kunci di Blog

23 May 2009 0 komentar
Blogger yang mengerti cara optimasi kata kunci di blog dan mengusai teknik SEO akan berusaha agar artikel yang dibuatnya bisa menduduki peringkat atas di SERP (Search Engine Result Page) atau halaman depan di Google search engine. Banyak orang yang beranggapan kalau kata kunci yang kita target bisa ada di halaman pertama Google, bahkan di peringkat pertama maka otomatis traffic blog kita akan meningkat. Benarkah anggapan ini? Yuk kita belajar bareng.

Saat kita berusaha mengoptimasi suatu kata kunci, kita perlu mengetahui menganalisa pesaing, berapa jumlah pesaing dan berapa jumlah pencari kata kunci tersebut. Bila kita menemukan kata kunci yang banyak pencarinya namun sangat sedikit pesaingnya, wah asyik banget tuh. Jumlah pencari yang banyak (> 1000) dengan pesaing yang sedikit



Apa pengaruhnya bila jumlah pencari terlalu sedikit (kurang dari 1000 orang per bulan)?
Kalau jumlah pencari (search) di bawah 1000, berarti kata kunci tersebut bukan termasuk kata kunci yang populer. Meskipun kita berhasil menduduki peringkat pertama di search engine untuk kata kunci tersebut, tapi kalau pencarinya terlalu sedikit, trafik yang kita harapkan juga tidak dapat maksimal.

Bagaimana bila jumlah pesaing untuk suatu kata kunci terlalu banyak?
Bila Anda menemukan suatu kata kunci yang menarik tapi pesaingnya terlalu banyak, cobalah mencari turunan kata kunci tersebut, cari long tail keywords-nya. Misalkan untuk kata kunci search engine, bila kita check di www.google.co.id (Google Indonesia), saat ini pesaingnya ada 247.000.000 (type broad tanpa tanda petik). Bila kita mau tahu exactnya, beri tanda petik pada pencarian di Google menjadi "search engine", hasilnya masih banyak pesaingnya ada 228.000.000. Jumlah sebanyak ini sangat sulit dikalahkan. Terlebih bila website / blog yang menduduki peringkat atas adalah situs yang teroptimasi dengan baik.

Coba cari turunan kata kunci tersebut, misalkan "manfaat search engine":
1. Type broad: Ketikkan langsung di Google tulisan manfaat search engine tanpa tanda petik. Lihat pesaingnya hanya 427.000
2. Type exact: ketikkan di Google tulisan "manfaat search engine" (beri tanda petik). Wow lihat jumlah pesaingnya sedikit sekali, hanya 132. Wah gampang banget tuh untuk mengalahkannya.
3. Lihat dengan menambah kata "manfaat" pada keyword "search engine", pesaing blog berbahasa Inggris menghilang, tinggal blog berbahasa Indonesia.

Tuh lihat dengan long tail keywords kita bisa menyingkirkan banyak pesaing. Sekarang tugas Anda untuk mencari long tail keywords yang banyak dicari sehingga Anda bisa secara optimal mengoptimasi kata kunci di blog.

Salah satu tools yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah kata kunci yang hendak kita optimasi banyak dicari orang / berapa jumlah pencarinya per bulan adalah dengan menggunakan situs https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
1. Bila blog Anda berbahasa Indonesia, pastikan setting bahasa dan negara Indonesia, Indonesia (kalau belum benar, klik edit).
2. Selanjutnya masukkan kata kunci yang ingin Anda bidik. Anda bisa memasukkan beberapa kata atau frasa.
3. Klik gunakan sinonim
4. Isi captha atau tulisan/huruf yang terlihat di layar komputer Anda.
5. Klik dapatkan ide kata kunci.
6. Tunggu sebentar, Anda akan melihat kata kunci yang Anda bidik dan sinonim kata kunci tersebut ada berapa pencarinya. Dari sana Anda bisa mendapatkan ide kata kunci mana yang paling baik untuk dioptimasi karena jumlah pencarinya lumayan banyak.
7. Bila ingin tahu jumlah pesaing, masuk ke Google, ketikkan kata kunci tersebut, lihat jumlah pesaing untuk type broad dan type exact.
8. Dengan menggunakan metode ini Anda akan mendapatkan kata kunci yang banyak pencarinya namun sedikit pesaingnya. Optimasi kata kunci ini agar bisa menduduki posisi atas SERP.
9. Bila ingin hasil yang lebih cepat, Anda dapat menggunakan tools misalkan market samurai.

Sebenarnya metode ini dan standar suatu kata kunci disebut micro niche tersebut lebih cocok digunakan untuk blog berbahasa Inggris yang memang tingkat persaingannya sudah ketat. Untuk blog berbahasa Indonesia, seringkali kita akan menemukan banyak kata kunci yang masih belum banyak pesaingnya. Berarti blogger Indonesia yang mengerti teknik optimasi kata kunci masih memiliki banyak peluang menduduki peringkat atas di SERP untuk banyak pilihan kata kunci (kecuali untuk kata kunci yang sedang dalam kontes misalnya Kampanye Damai Pemilu Indonesia, Internet Marketing Indonesia, dsb dan kata kunci yang sudah dibidik oleh para pakar internet marketing Indonesia seperti belajar wordpress, belajar internet marketing, dsb).

Bila Anda ingin tahu lebih lanjut cara optimasi SEO kata kunci di blog Anda, coba pelajari lebih mendalam teknik SEO dan manfaat SEO. Selain on page optimization, Anda juga perlu melakukan off page optimization. Terlebih bila tingkat persaingan cukup ketat. Semakin banyak backlink yang berkualitas akan memudahkan Anda menduduki posisi atas di Google search engine. Ingat tips SEO Google , Google itu suka dengan konten, keywords, dan backlink. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengoptimasi kata kunci di blog Anda serta membantu strategi dan tips mendatangkan pengunjung di blog Anda.

bacaan aslinya klik sini.....





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Post a Comment

 

©Copyright 2011 La Takhof | TNB | Blogger Blog Templates